Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Bangsa Indonesia

Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Bangsa Indonesia

Rabu, 17 Juli 2019 09:48 WIB Publikasi Penrem074/Wrt
Ratusan prajurit dan PNS jajaran Korem 074/Warastratama melaksanakan Upacara Bendera 17-an bulan Juli 2019 yang dipimpin oleh kepala Staf Korem 074/Warastratama Letkol Inf Yudi Purwanto, S.M., di lapangan Makorem 074/Warastratama, Rabu (17/7/2019).
Dalam amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, dikatakan bahwa TNI harus memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Karena persatuan dan kesatuan merupakan modal utama bangsa Indonesia, mengingat ke-bhinneka-an yang kita miliki.
“Tidak salah bila para pendiri negara ini menetapkan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia. Para founding fathers telah menyadarinya sejak awal perjuangan kemerdekaan dan sekarang tanggung jawab kita semua untuk memastikan Bhinneka Tunggal Ika tetap terjaga”, terang Panglima TNI.
Lebih lanjut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P menyampaikan bahwa sebagai alat pertahanan negara, TNI membutuhkan prajurit-prajurit yang profesional. Profesionalisme itü hanya akan bisa dicapai bila setiap prajurit terdidik dan terlatih dengan baik. Untuk itu setiap Dansat bertanggung jawab untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan anggotanya.
“Dansat adalah tumpuan setiap anggota dalam berbagai hal. Dansat harus memiliki kemampuan yang tinggi dan wawasan yang luas agar dapat mengarahkan anggotanya dengan baik. Waspadai upaya memecah belah, radikalisme, maupun dampak negatif lainnya dari perkembangan lingkungan”, katanya.
Diakhir amanat, Panglima TNI mengajak kita semua untuk berdoa bagi keselamatan rekan-rekan kita yang saat ini masih belum ditemukan.
“Saat ini pasukan yang ada terus berupaya menemukan 12 prajurit dan Helikopter Ml-17 yang hilang kontak di Pegunungan Bintang, Papua,” pungkas Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Cover Story Korem 074 Warastratama

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama, adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini…

20 September 2021 21:39

Penerimaan Prajurit Korem 074/Warastratama Selesai Melaksanakan Satgas Teritorial

Sejumlah personel Korem 074/Warastratama yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Aparat Teritorial (Apter) Kodam XVI/Pattimura, Kodam XVII/Cendrawasih dan Kodam XVIII/Kasuari, telah selesai melaksanakan tugas dan kembali dengan selamat. Kedatangan Satgas tersebut disambut dengan upacara penerimaan yang dipimpin oleh Komandan Korem…

13 Oktober 2020 14:03

Kowad Korem 074/Warastratama Perkuat TMMD Reguler 109 Kodim 0727/Karanganyar

Kemanunggalan TNI dan rakyat menjadi salah satu tujuan TMMD Reg-109. Seperti saat ini terlihat beberapa personel Korps wanita Angkatan Darat (Kowad) memperkuat satgas dalam melaksanakan TMMD Reg-109 Kodim Karanganyar di Desa Jatiwarno, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar, Minggu (11/10/2020). Adapun kegiatan…

12 Oktober 2020 09:53

Cegah Konflik Sosial, Korem 074/Wrt Gelar Binkom AGHT Konflik Sosial

Guna meningkatkan peran seluruh komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial, Korem 074/Wrt gelar acara pembinaan komunikasi AGHT (Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan) konflik sosial di Aula Makorem 074/Wrt, Rabu (07/10/2020). Kegiatan yang bertema “Melalui Binkom kepada masyarakat, kita tingkatkan peran…

7 Oktober 2020 14:28

Berikan Tanggapan Anda