Penganugerahan Prestasi Nusantara Aksi Heroik Prajurit TNI Penyelamat Bendera Merah Putih Pada Upacara Proklamasi Kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia.

Penganugerahan Prestasi Nusantara Aksi Heroik Prajurit TNI Penyelamat Bendera Merah Putih Pada Upacara Proklamasi Kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia.

Jumat, 21 September 2018 10:17 WIB Publikasi Pendim 0723/Klaten

Bertempat di Auditorium Jaya Suprana School Of  Permorming Arts Mall Of Indonesia Lantai LG telah dilaksanakan penganugerahan prestasi Nusantara dari MURI kepada Prajurit TNI Kodam IV/Diponegoro Serma Timbul Prawoto yang bertugas di Koramil 20 Cawas Kodim 0723 Klaten dalam Aksi Heroik Prajurit TNI penyelamat Bendera Merah Putih pada peringatan upacara Proklamasi Kemerdekaan Ke 73 Republik Indonesia, Kamis (20/9/2018).

Komandan Kodim 0723/Klaten Letkol Inf Eko Setyawan S.E disela sela penganugerahan prestasi nusantara dari MURI tersebut menjelaskan tentang kronologinya yaitu pada saat Upacara Peringatan  HUT kemerdekaan ke 73 RI di lapangan Barepan, Cawas, Kabupaten Klaten berjalan lancar, namun saat pengibaran bendera petugas membentangkan bendera merah putih, cincin kait bagian atas yang sudah dikaitkan ke ujung bendera malah terlepas dan tertarik keatas hingga naik sampai ujung tiang, praktis bendera merah putih tidak dapat dikibarkan.

Melihat kejadian itu, Serma Timbul Prawoto yang menjabat sebagai Perwira Upacara yang tidak begitu jauh dari tiang bendera secara spontan memanjat tiang bendera untuk meraih tali yang terlepas. Berkat kesigapan serma Timbul Prawoto tersebut, upacara pengibaran bendera dapat dilanjutkan dan saat lagu kebangsaan Indonesia Raya selesai, bendera merah putih sudah sampai di tiang tertinggi, terang Letkol Inf Eko Setyawan S.E.

Serma Timbul Prawoto menambahkan sebelum mendapat penganugerahan prestasi nusantara dari MURI, telah mendapatkan apresiasi dari Komandan Kodim 0723/Klaten, Pangdam IV/Diponegoro, Kasad dan Panglima TNI.

 

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda