Apel Gelar pasukan Pam VVIP Kunker Presiden RI

Apel Gelar pasukan Pam VVIP Kunker Presiden RI

Jumat, 13 Juli 2018 13:41 WIB Publikasi penrem074/Wrt

Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Widi Prasetijono selaku Dansatgas Pamwil Surakarta didampingi Kapolresta Surakarta Kombespol Ribut Hari Wibowo selaku Wadansatgas  Pamwil Surakarta pimpin Apel gelar pasukan Pengamanan (PAM) VVIP Kunjungan Presiden RI bertempat di Lapangan Makorem 074/Warastratama,  Jumat (13/7/2018). Sebanyak 1983 personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, Dishub dan Dinas Kesehatan telah disiapkan dalam pengamanan tersebut.

“Pengamanan VVIP Kunker Presiden RI dan rombongan ini harus berjalan dengan sukses, aman, lancar dan tidak boleh gagal”, hal ini ditegaskan Kolonel Inf Widi Prasetijono

Lebih lanjut dikatakan Danrem 074/Warastratama bahwa Apel gelar pasukan tersebut menggambarkan totalitas kesiapan pengamanan, mulai dari H-1 sampai selesai kunjungan kerja Presiden RI dan Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo beserta rombongan di wilayah Korem 074/Warastratama. Setiap Dansatgas, dan Subsatgas dituntut mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal, serta mampu dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi di lapangan. Selain itu juga untuk memastikan tegaknya sinergitas dan kerjasama yang baik diantara semua unsur pengamanan yang dilibatkan sehingga tujuan dan sasaran pengamanan VVIP tercapai secara optimal.

Pelaksanaan pengamanan memerlukan kejelasan tugas dan tanggung jawab serta rantai komando yang efektif dan efisien agar tujuan dan sasaran pengamanan baik obyek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan maksimal dan sukses.

Untuk itu, Danrem 074/Warastratama  meminta pada pelaksanaan pengamanan, agar meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan pihak yang terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung, selanjutnya persiapkan sarana dan prasarana semaksimal mungkin, serta selalu antisipasi setiap perkembangan situasi di lapangan, maupun usaha-usaha dari pihak tertentu yang ingin mengganggu kelancaran, ketertiban, dan keamanan selama pelaksanaan kunjungan kerja Presiden dan Ibu Negara serta rombongan.

Disela-sela pelaksanaan apel, Danrem 074/Warastratama didampingi Kapolresta Surakarta dan seluruh Tamu Undangan melaksanakan pengecekan pasukan dan kendaraan yang akan digunakan dalam pengamanan. Ini dilakukan untuk mengecek kesiapan pasukan pengamanan, baik secara perorangan maupun satuan sesuai prosedur tetap pengamanan VVIP yang berlaku.

“Kita harus melaksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga kita dapat memastikan untuk memberikan rasa aman di wilayah Solo Raya ini” pungkas Danrem  074/Wrt. penrem074/Wrt

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda