Danrem 074/Warastratama pimpin Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Kunker Presiden RI

Danrem 074/Warastratama pimpin Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Kunker Presiden RI

Kamis, 14 Juni 2018 14:17 WIB Publikasi Penrem 074/Wrt

Jelang kunjungan Presiden Republik Indonesia di Surakarta tanggal 15 – 16 Juni  2018. Satgas Pam VVIP melaksanakan apel gelar pasukan yang diikuti oleh pasukan TNI/Polri dan Instansi terkait bertempat di Lapangan Upacara Makorem 074/Warastratama, Kamis (14/6/2018)

Danrem 074/Wrt Kolonel Inf Widi Prasetijono selaku pimpinan apel  mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran seluruh personel dan institusi yang terkait baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam tugas pengamanan ini dengan harapan melalui apel gelar pasukan ini dapat menambah dan memotivasi diri dalam melaksanakan tugas pengamanan dengan baik dan sukses, sehingga menjadi kebanggaan bersama baik aparat keamanan maupun masyarakat  Se-Solo Raya. Pengamanan VVIP sudah sering dilaksanakan sebelumnya, namun   demikian pasukan tidak boleh  lengah ataupun menganggap biasa tugas Pengamanan VVIP seperti ini.

Lebih lanjut dikatakan Danrem 074/Wrt bahwa tugas pengamanan ini merupakan kehormatan dan tidak dapat dilaksanakan sekedarnya, namun tugas ini harus dilaksanakan semaksimal mungkin, mengingat obyek pengamanan adalah Kepala Negara Republik Indonesia. Oleh karenanya keterpaduan pengamanan dan pemahaman tugas sesuai tanggung jawab harus diyakini dan dipahami oleh setiap personel pengamanan baik perorangan, kelompok dan satuan, sehingga dapat mengatasi segala bentuk ancaman terhadap keselamatan dan keamanan Kepala Negara pada saat berada di wilayah Surakarta.

”Pelaksanaan PAM VVIP ini melibatkan banyak instansi baik militer maupun sipil, oleh karena itu melalui gelar pasukan ini diharapkan akan tercipta kesiapan yang sungguh-sungguh sehingga terwujud sinkronisasi dan sinergitas antar instansi yang terkait dalam rangka PAM VVIP tersebut.  Koordinasikan dengan pihak yang terkait semua hal dan masalah-masalah yang berkaitan dengan pengamanan ini,  selanjutnya persiapkan sarana dan prasarana semaksimal mungkin dalam pelaksanaan pengamanan Kepala Negara  Republik Indonesia” ujar Kolonel Widi Prasetijono.

Diakhir amanat Danrem 074/Wrt menyampaikan beberapa  penekanan sebagai berikut Pertama, Pahami dan kuasai Protap Pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing, Kedua,  Pegang teguh disiplin dengan memahami rantai Komando, Ketiga, Cegah terjadinya kelengahan dan tingkatkan kepekaan terhadap kemungkinan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain, Keempat, Jangan ragu-ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal dengan semua unsur terkait guna memaksimalkan pelaksanaan tugas. Kelima, Amati situasi yang berkembang secara terus menerus serta laporkan segera secara hierarki bila ada kejanggalan dalam pelaksanaan tugas. Keenam, Gunakan tindakan persuasif dan humanis karena pengamanan ini bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda