Pimpin Upacara Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023, Danrem 074/Warastratama Bacakan Amanat Kasad

Pimpin Upacara Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023, Danrem 074/Warastratama Bacakan Amanat Kasad

Jumat, 15 Desember 2023 13:31 WIB Tak Berkategori Penrem074/Wrt

Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Ali Akhwan, S.E.,  pimpin Upacara peringatan Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023 di Lapangan upacara Makorem 074/Warastratama dengan membacakan amanat Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, Jumat (15/12/2023). Kegiatan upacara ini  diikuti oleh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korem 074/Warastratama serta Balak Aju Kodam IV/Diponegoro.

Prosesi upacara diawali dengan penghormatan kepada Dhuaja Korem 074/Warastratama Mosiking Roso Trus Manunggal, mengheningkan cipta, pengucapan Sapta Marga, pembacaan Amanat Panglima Besar Jenderal Sudirman oleh Inspektur Upacara dan Pembacaan amanat Kasad.

Tema Hari Juang TNI Angkatan Darat Tahun 2023 kali ini adalah “TNI Bersama Rakyat Bersatu dengan Alam untuk NKRI” yang merepresentasikan bahwa kita harus terus memperkuat kemanunggalan TNI AD – Rakyat, meningkatkan kemampuannya dan berperan aktif dalam pelestarian alam.

Dalam amanatnya, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., menyampaikan bahwa kemanunggalan TNI AD – Rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan.

“Di era globalisasi saat ini, kita menghadapi berbagai macam tantangan, seperti perang asimetris, perubahan iklim dan potensi konflik sosial,” kata Kasad.

“Untuk menghadapi berbagai macam tantangan tersebut, TNI AD harus terus meningkatkan kemampuannya, baik dari segi personel, alutsista maupun doktrin,” ujar Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Ditegaskan Kasad bahwa TNI AD juga harus berperan aktif dalam pelestarian alam. Pelestarian alam merupakan tanggung jawab bersama TNI AD.

“Dengan semangat Hari Juang TNI AD ini, mari kita bersama-sama memperkuat kemanunggalan TNI AD-Rakyat, meningkatkan kemampuan dan berperan aktif dalam pelestarian alam,” tandas Kasad.

Terkait dengan tahun politik tahun 2024, Kasad mengingatkan agar kita belajar dari pengalaman sebelumnya, situasi di tahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan oleh perbedaan-perbedaan pandangan politik yang seringkali disusupi oleh kelompok-kelompok radikal dan intoleran.

“Oleh karena itu, tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan tugas masing-masing, dan selalu pegang teguh komitmen Netralitas TNI,” pungkas Kasad.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda