Antisipasi Longsor Babinsa Repaking Bantu Pasang Bronjong

Antisipasi Longsor Babinsa Repaking Bantu Pasang Bronjong

Kamis, 7 Juli 2022 09:32 WIB Tak Berkategori pendim 0724/Byl
Babinsa Koramil 17/Wonosegoro Kodim 0724/ Boyolali Pelda Mustaqim bersama masyarakat memasang bronjong di pinggir Sungai sepanjang 30 meter di Dukuh Candi Rt 05 Rw 01 Desa Repaking Kecamatan Wonosamudro Kabupaten Boyolali, Rabu (06/07/2022).
Kawat bronjong dibuat agar mencegah erosi, abrasi, dan longsor, terutama untuk bangunan yang dekat dengan sungai, pantai, dan tebing yang rawan longsor. Pemasangan kawat bronjong sangat dianjurkan untuk mencegah longsor.
Setelah kawat bronjong selesai dianyam, batu–batunya mulai dimasukan satu persatu. Penyusunan batu juga harus rapi, jangan sampai ada celah tersisa, sehingga akan menimbulkan kelonggaran dan membuat kawat bronjong tidak kuat dan kokoh.
Di tempat terpisah, Dandim 0724/ Boyolali Letkol Arm Ronald F Siwabessy, M.A. mengatakan bahwa pemasangan bronjong ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Babinsa dalam memberikan rasa aman, apabila musim hujan kepada warga dari ancaman pergeseran tanah yang mengakibatkan terjadinya longsor.
Suparno ( 48) warga Dukuh Candi menyampaikan terima kasih kepada bapak Babinsa yang telah ikut membantu masyarakat memasang bronjong.
“Kegiatan pemasangan bronjong  ini setidaknya telah meringankan beban masyarakat Dukuh Candi, bronjong yang dipasang akan bisa menahan tanah longsor, sehingga daya tahan akan kuat apabila terjadi banjir,” pungkas Suparno

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda