Danrem Warastratama Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022

Danrem Warastratama Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022

Jumat, 22 April 2022 15:08 WIB Tak Berkategori
Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Achiruddin, S.E., menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 yang dipimpin oleh Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak di Halaman Mapolresta Surakarta, Jumat (22/04/2022).
Kegiatan tersebut digelar secara serentak di seluruh jajaran Polri dengan tema ‘Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022, Wujud Sinergi Polri dengan Instansi Terkait untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat dalam Perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah Tahun 2022’.
Dalam amanatnya, Kapolresta Surakarta membacakan sambutan tertulis Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Dalam sambutan yang dibacakan beberapa penekanan penting disampaikan terkait pelaksanaan Operasi Ketupat Tahun 2022. Terkait perayaan Idul Fitri, pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443/tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampai 6 Mei 2022.
“Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat. Untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik,” kata Kapolresta.
“Walaupun situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali, di mana tingkat penularan berada di bawah angka 1, dengan positivity rate dan BOR Rumah Sakit berada di bawah standar WHO, namun perlu tetap saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai, kita semua harus selalu waspada,” tegasnya.
Kapolresta Surakarta menambahkan menjelang mudik Lebaran 2022 Polresta Surakarta mendirikan tujuh pos pengamanan dan pelayanan. Lima pos pengamanan berada di perbatasan kota, yakni di Tugu Makutho, Faroka, Banyuanyar, Jurug dan Palang Joglo.
Sedangkan dua pos lainnya didirikan di Pasar Klewer dan Benteng Vastenburg. Khusus untuk Pos terpadu Benteng Vastenburg juga melayani vaksinasi booster.
Untuk pengamanan mudik Lebaran, pihaknya melibatkan sejumlah unsur. Selain TNI dan Polri, ada juga unsur Pemkot, masyarakat dan lainnya yang juga dilibatkan.
“Jumlah personel yang kita terjunkan dalam Operasi Ketupat Candi 2022 ini sebanyak 788 personel. Itu terdiri dari Polri, Kodim 0735 Surakarta, Pemkot Surakarta maupun potensi-potensi masyarakat,” ujarnya.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda