Apel Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2021 Kabupaten Klaten

Apel Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2021 Kabupaten Klaten

Senin, 1 November 2021 10:07 WIB Tak Berkategori Pendim0723/Klt
Bertempat di Halaman Pendopo Kabupaten Klaten, telah berlangsung Apel Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2021 Kabupaten Klaten, sebagai Pembina Apel Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, yang diikuti oleh  kurang lebih 100 orang TNI dari Kodim 0723/Klaten, Polres Klaten, Satpol PP, PMI, Damkar, Dishub dan BPBD serta Orari.
Selain Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani, tampak hadir pula Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo, S.H, S.IK, M.H, Pasi Ops Kodim 0723/Klaten Kapten Inf Sunarta mewakili Dandim 0723/Klaten Letkol Inf Joni Eko Prasetyo, S.I.P, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Klaten Dr. Cahyono Widodo M.Kes, Kepala Dinas Perhubungan Klaten Supriyono, S.Sos, Kabid Penegakan Perda/Perbup Sat Pol PP Klaten Poniman, SH,  Kemenag Klaten Sudarsana dan  Diskominfo Kab. Klaten Ali Surahmat.
Menurut Hj. Sri Mulyani kesiapsiagaan ini bukan hanya pada kegiatan seremonial belaka, tetapi yang lebih penting, semua jajaran aparat birokrasi di Kabupaten Klaten, baik Pemerintah Daerah, TNI, POLRI maupun masyarakat selalu siap dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana.
“ Kita semua menyadari bahwa, bencana alam tidak dapat dicegah. Tetapi yang lebih penting adalah, bagaimana upaya kita semua untuk dapat meminimalisir dampak yang kemungkinan terjadi, akibat bencana tersebut atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana,“ kata Bupati Klaten.
Pada kesempatan tersebut Bupati juga menginstruksikan kepada seluruh Camat agar senantiasa memonitor perkembangan debit air di sungai – sungai besar yang berada diwilayah kerjanya masing-masing. Para camat juga dinas terkait agar senantiasa siaga dan tanggap darurat bencana.
“Menghadapi situasi ini semua komponen masyarakat agar bahu membahu mengatasinya. Utamakan penyelamatan masyarakat. Ringankan beban mereka yang terkena bencana. Kesigapan para camat dan seluruh aparat sangat menentukan keselamatan warga dari berbagai kemungkinan bencana lebih besar lagi,” pungkas Bupati.
Usai melaksanakan apel kesiapsiagaan acara dilanjutkan dengan Simulasi dan peninjauan Peralatan kebencanaan oleh Bupati Klaten dan tamu undangan.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda