Pelihara Sikap Toleransi, Korem 074/Warastratama Gelar Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

Pelihara Sikap Toleransi, Korem 074/Warastratama Gelar Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

Selasa, 25 Mei 2021 15:02 WIB Tak Berkategori Penrem074/Wrt

Dalam rangka memelihara kerukunan antar umat beragama dan menjaga kondusifitas wilayah, Korem 074/Warastratama menggelar kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama, yang dilaksanakan di  Makorem 074/Warastratama, Selasa (25/05/2021).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Staf Korem 074/Warastratama Letkol Inf Ali Akhwan ini, selain diikuti oleh anggota Korem 074/Warastratama dan jajarannya, juga dihadiri oleh Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan keluarga Besar TNI Jajaran Korem 074/Warastratama.

Dalam sambutan Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Deddy Suryadi yang disampaikan oleh Kepala Staf Korem 074/Warastratama Letkol Inf Ali Akhwan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi dan hubungan sosial antar umat beragama khususnya yang ada di wilayah jajaran Korem 074/Warastratama sehingga tercipta kehidupan yang damai dan harmonis.

Menurut Danrem, istilah kerukunan umat beragama identik dengan istilah toleransi. Toleransi mengandung arti saling memahami, saling mengerti, dan saling membuka diri dalam bingkai persaudaraan.

“Bila pemaknaan ini dijadikan pegangan, maka toleransi dan kerukunan adalah sesuatu yang ideal dan didambakan oleh masyarakat,” ungkap Danrem.

Ditambahkan Kolonel Inf Deddy Suryadi, dalam konteks ke-Indonesiaan, kerukunan beragama berarti kebersamaan antara umat beragama dengan Pemerintah dalam rangka menjaga Persatuan dan Kesatuan serta suksesnya pembangunan nasional.

“Oleh karenanya saya mengajak kepada semua yang hadir, untuk terus berperan aktif dalam membina kerukunan antar umat beragama di masyarakat dan peka terhadap situasi yang sedang berkembang saat ini serta harus mampu menjadi pilar pemersatu bangsa dan agama sekaligus dapat menjaga rumah ibadah di daerahnya masing-masing. Itulah Indonesia yang Pancasila dan ber-Bhinneka Tunggal Ika,” pungkas Danrem.

 

 

 

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda