Babinsa Tohudan Kawal Pelaksanaan KB Kes

Babinsa Tohudan Kawal Pelaksanaan KB Kes

Minggu, 11 April 2021 11:42 WIB Tak Berkategori Pendim0727/Kra

Kegiatan KB Kes Semester I TA. 2021 ini adalah bentuk dukungan nyata Satkowil TNI melalui Kodim 0727/Karanganyar yang berkerja sama dengan DP3APPKB Kabupaten  Karanganyar, dan Puskesmas Colomadu II dalam mengendalikan jumlah penduduk melalui Program Keluarga Berencana (KB), Sabtu (10/10/2021)

Pada kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 s.d 11.30 WIB tersebut, dapat terlayani sebanyak 15 akseptor KB. Dengan pilihan KB yakni layanan IUD. Seluruh akseptor KB IUD pada KB Kesehatan kali ini adalah para ibu yang berdomisili di wilayah kerja Kecamatan Colomadu.

Kegiatan KB Kes Kodim 0727/Karanganyar Semester I TA. 2021 dipimpin oleh Pelda Bukit Arfan selaku Bintara Tinggi Staf Teritorial Kodim 0727/Karanganyar bidang Bakti TNI, dengan didampingi oleh Koptu Setyo Nur, Serka Zalmin, dan Serma Nugroho selaku pengampu wilayah dari Koramil 16/Colomadu. Sedangkan pelayanan KB IUD dilakukan oleh bidan Puskesmas dengan pengawasan langsung dari dr. Ririn Riyani BR, M. Kes selaku Kepala Puskemas Colomadu II.

Tahapan yang dilaksanakan para akseptor sebelum dilaksanakan pelayanan KB, adalah melaksanakan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh. Setelah itu melaksanakan registrasi di tempat pendaftaraan, dilanjutkan pengecekan tensi akseptor. Setelah dinyatakan dalam kondisi sehat dan siap, maka dilanjutkan prosedur IUD di ruang tindakan. Terakhir, sebelum kembali pulang, seluruh akseptor diberikan informasi singkat hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pasca IUD oleh penyuluh KB.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda