Siap Tampung 100 Pasien Covid 19, Pangdam IV/Diponegoro Resmikan Rumkitlap Beteng Vastenburg Solo

Siap Tampung 100 Pasien Covid 19, Pangdam IV/Diponegoro Resmikan Rumkitlap Beteng Vastenburg Solo

Rabu, 24 Februari 2021 14:27 WIB Tak Berkategori Penrem074/Wrt

Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) TNI AD untuk penanganan Covid-19, yang ada di area Benteng Vastenburg Solo, resmi digunakan. Peresmian dilakukan oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, Rabu (24/02/2021)

“Rumah sakit lapangan ini atas inisiasi dari Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa untuk membantu penanganan Covid-19 di Solo Raya. Hari ini resmi digunakan untuk berperan menekan angka Covid-19 khususnya di Solo,” kata Mayjen TNI Bakti Agus Fajari.

Peresmian rumah sakit lapangan ditandai dengan pemotongan pita oleh Pangdam IV/Diponegoro didampingi Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kajati Prov. Jateng mewakili Gubernur Jateng dan Kadinkes Prov. Jateng. Usai pemotongan pita dilanjutkan dengan melakukan cek sejumlah instalasi dan simulasi penanganan pasien Covid-19.

Rumkitlap dengan sejumlah tenda tersebut bisa menampung 100 bed. Dengan bangunan tenda portabel  tersebut bisa dibongkar pasang untuk dipindahkan bila akan digunakan di daerah lain.

RS yang dilengkapi peralatan canggih itu akan dioperasionalkan oleh tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Tentara (RST) Slamet Riyadi Solo.

Menurut Pangdam, keberadaan rumah sakit ini juga bisa berfungsi untuk mengedukasi masyarakat. Termasuk bisa digunakan sebagai lokasi vaksinasi massal yang akan dilakukan Pemerintah RI.

“Rumah sakit ini luasnya 4 hektar. Nanti bisa dikembangkan untuk vaksinasi massal. Bisa didirikan tenda di sekitar, sehingga mereka yang beraktivitas di sekitar bisa dilayani. Kita bersinergi dengan pemerintah daerah. Tenaga kesehatan kita siap semua,” pungkasnya.

 

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda