Supply Listrik di Rumkitlap Khusus Covid 19

Supply Listrik di Rumkitlap Khusus Covid 19

Kamis, 11 Februari 2021 13:53 WIB Tak Berkategori Penrem074/Wrt

Rumah sakit lapangan yang didirikan di Benteng Vastenburg Surakarta, dilengkapi beberapa fasilitas penunjang modern.

Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Rano Tilaar, mengatakan, Rumkitlap tersebut sebagai rumah sakit darurat Covid-19 berkapasitas 100 tempat tidur untuk menangani pasien Covid-19 di Solo Raya.

“Pembangunan Rumkitlap ini sudah rampung 96 persen, namun untuk dinyatakan siap operasional masih menunggu adaptasi dari para tenaga kesehatan,” papar Kolonel Inf Rano Tilaar pada saat Press Rilis, Kamis (11/02/2021)

Hal itu mengingat peralatan kesehatan yang akan dipasang di rumkitlap adalah alat-alat modern, canggih dan paling mutakhir serta  tidak semua rumah sakit memilikinya. Belum semua Nakes memahami alat tersebut, sehingga diperlukan adaptasi dulu sebelum digunakan untuk menangani pasien Covid-19.

“Alat kesehatan yang dipasang di rumkitlap ini canggih dan keluaran terbaru, bentuknya juga portable sehingga harus dipahami dulu oleh para Nakes,” tambahnya.

Danrem juga menyebut, pihaknya juga dibantu oleh PLN, yang telah menyediakan instalasi listrik dan travo mandiri.

”Karena  kendala yang dihadapi Rumkitlap terkait pasokan listrik.sehingga harus menyediakan daya listrik saat bermasalah. Untuk itu kami sudah menyediakan genset sebanyak 3 unit,” pungkas Danrem.

Manager PLN UP3 Surakarta, Ari Prasetyo Nugroho menambahkan, pihaknya mendukung penuh pengadaan daya listrik RS darurat Covid-19 di Benteng Vastenburg.

“Untuk mensupply  rumah sakit ini, kami menyiapkan 6 boks penyambungan. Jadi beban rumah sakit ini bisa disambungkan ke boks, kotak panel ini. Ini kami siapkan di sini, bukan di luar, karena untuk memudahkan penyambungan. Apalagi rumah sakit ini juga cukup luas, sehingga kami siapkan beberapa titik penyambungannya,” ujar dia.

Ari menjelaskan, supply listrik RS ini diambilkan dari gardu induk Mangkunegaran.

“Saya berharap supply listrik untuk RS tersebut bisa lancar. Untuk 3 genset, pihaknya juga telah menyiapkan alat otomatisnya, sehingga jika terjadi gangguan PLN bisa langsung beralih ke genset,” pungkas Manajer PLN UP3 Surakarta.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda