Dandim 0735/Surakarta Susuri Sungai Sebagai Pemetaan Awal Daerah Bantaran Sungai Bengawan Solo

Dandim 0735/Surakarta Susuri Sungai Sebagai Pemetaan Awal Daerah Bantaran Sungai Bengawan Solo

Senin, 27 Januari 2020 14:57 WIB Tak Berkategori Pendim 0735/Ska
Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol Inf Wiyata S. Aji SE. MDS  susuri Sungai bantaran Bengawan Surakarta guna memetakan daerah aliran Bengawan Solo yang di anggap berpotensi rawan longsor, erosi maupun terjadinya pendangkalan, Senin (27/01/2020). Kegiatan ini melibatkan beberapa komponen masyarakat diantaranya BPBD, Relawan, BBWS, Tagana, Sibat dan anggota jajaran Kodim 0735/ Ska.
Dandim mengutarakan bahwa tujuan pemetaan ini adalah untuk mengetahui kondisi daerah mana yang akan ditanami rumput Vetiver (akar wangi).  Akar wangi adalah sejenis rumput yang berasal dari India dan merupakan tumbuhan yang cukup kuat untuk menahan erosi.
Saat ini tim masih melakukan pemetaan, dilanjutkan dengan menghitung kebutuhan bibit akar wangi yang rencananya akan di laksanakan penanaman pada pertengahan bulan Februari.
“Sementara itu untuk penanaman akar wangi akan dilaksanakan secara serentak bersama jajaran Kodim Surakarta serta akan merangkul relawan-relawan yang berada di wilayah aliri sungai Bengawan Solo,” pungkas Dandim Surakarta.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda